Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Teten Masduki sebagai Keynote Speaker. (Sumber Foto : Fekon Unsulbar)

Laporan : Nur Indah Sari S (Akuntansi, 2018)

fekon.unsulbar.ac.id – Fakultas Ekonomi (Fekon), Universitas Sulawesi Barat gelar Webinar Nasional dengan tema “Transformasi Koperasi di Era Digital Sebagai Kekuatan Rakyat Dalam Pemulihan Ekonomi Nasional” melalui Zoom Meeting, Senin, (14/12/2020).

Webinar Nasional tersebut menghadirkan beberapa Pemateri dengan berbagai latar belakang, diantaranya adalah:

  1. Prof. Dr. Wihana Kirana Jaya (Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada Yogyakarta) yang menyampaikan materi “Paradigma Baru Koperasi dalam Kebangkitan Ekonomi Nasional”.
  2. Ir. H. Anwar Sulili, M.S. (Wakil Rektor II Unsulbar) dengan materi “Demokrasi Ekonomi berbasis Koperasi”.
  3. H. Mujirin M. Yamin, S.E., M.S. (Dekan Fekon Unsulbar) materi “Pemberdayaan Koperasi dan UMKM dalam Memperkuat Ekonomi Kerakyatan”.
  4. Busri, S.E., M.Si ( Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Majene) dengan materi “Pemberdayaan Koperasi dan UMKM dalam Memperkuat Ekonomi Kerakyatan”.
  5. Retno Dwi Utami (Pengusaha UMKM) materi “Strategi Pemasaran dan Pemanfaatan Teknologi Berbasis Koperasi”.

Selain beberapa pemateri, Webinar tersebut juga menghadirkan Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Teten Masduki sebagai Keynote Speaker.

Pada kesempatan tersebut, Teten Masduki menjelaskan bahwa Koperasi saat ini cenderung jalan di tempat dan apabila kondisi tersebut terus berlanjut Koperasi akan ditinggalkan.

“Ini tantangan kita, memoderenisasi Koperasi merupakan salah satu usaha agar Koperasi bisa bersaing di era digital,” Jelasnya lebih lanjut kepada peserta Webinar.

Dalam kesempatan yang sama Rektor Unsulbar, Akhsan Djalaluddin berharap menjadikan Webinar Nasional tersebut  dapat menhasilkan suatu konsep baru ke Kementerian  Koperasi dan UKM RI sebagai konsep dari Unsulbar.

“Yang paling penting di era ini adalah bagaimana memanfaatkan Era Digitalisasi saat ini untuk transaksi berbagai barang dan jasa,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *