Sejarah Fekon Unsulbar

.

Fakultas Ekonomi Universitas Sulawesi Barat merupakan salah satu dari tujuh Program Studi yang pertama kali beroperasi sejak berdirinya Universitas Sulawesi Barat berdasarkan izin Penyelenggaraan Universitas Sulawesi Barat No. 229/D/O/2007. Di dalam fakultas ini mencakup Program Studi Akuntansi dan Program Studi Manajemen. Berdasarkan izin operasional itulah Fakultas Ekonomi mulai menerima mahasiswa baru pada tahun ajaran 2008/2009 bersama enam fakultas lainnya. Sejak tahun pertama penerimaan mahasiswa, animo tamatan Sekolah Menengah Atas (SMA) sungguh luar biasa untuk mendaftar di universitas yang sudah lama ditunggu kehadirannya itu, sehingga dilakukan seleksi secara ketat untuk membatasi jumlah mahasiswa baru yang memang belum dapat ditampung seluruhnya karena kondisi sarana dan prasarana serta fasilitas yang belum mampu mendukung suatu pelayanan proses belajar mengajar dalam skala besar.

Sejak beroperasinya di tahun 2008, Fakultas Ekonomi Universitas Sulawesi Barat baru dipimpin oleh dua orang dekan, yaitu Dr. H. Madris, SE, DPS, Msi dan Bapak H. Mujirin M. Yamin, SE, MS. Dekan H. Mujirin M. Yamin, SE, MS dilantik pertama kali pada Bulan November 2014 dengan nomor SK 450.c/UN55/KP/2014 dengan masa jabatan 4 tahun. Selama masa jabatan Bapak H. Mujirin M. Yamin, SE, MS telah banyak sekali perbaikan dan kemajuan yang dicapai oleh Fakultas Ekonomi Universitas Sulawesi Barat, diantaranya pengaturan kelembagaan, peningkatan tata kelola dan sistem administrasi, peningkatan jumlah tenaga pengajar, pembentukan senat fakultas, pengaktifan lembaga-lembaga kemahasiswaan dan alumni, penyelesaian masalah mahasiswa didik akibat konflik yang terjadi sebelumnya, penerapan sistem mutu dan pembagian tupoksi yang jelas di antara para tenaga kependidikan.

Sejak dilantiknya Dekan H. Mujirin M. Yamin, SE, MS di tahun 2014 hingga tahun 2018 tidak memiliki Wakil Dekan. Dekan hanya dibantu oleh seorang Kabag TU, Kasubag Akademik, Kasubag Keuangan, serta Ketua Program Studi Manajemen dan Ketua Prodi Akuntansi, serta beberapa unsur Koordinator Unit, yaitu untuk Sistem Penjaminan Mutu dan Laboratorium. Baru setelah terbitnya Statuta Universitas Sulawesi Barat dan OTK Universitas Sulawesi Barat, jelas bahwa sudah ada landasan hukum dan formal untuk mengangkat Wakil Dekan, Senat Fakultas dan Ketua Jurusan. Berdasarkan usulan Dekan, pada tanggal 30 Mei 2018 diangkatlah untuk pertama kalinya Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi Universitas Sulawesi Barat yaitu Dr. Nur Fitriayu Mandasari, SE, MSi yang membawahi bidang Akademik, Kerja Sama dan Kemahasiswaan, serta Wakil Dekan II yaitu Sitti Khadijah, SE, M.Ak yang membawahi bidang Umum dan Keuangan. Adapun Senat Fakultas Ekonomi Universitas Sulawesi Barat terbentuk berdasarkan SK Rektor Universitas Sulawesi Barat Nomor 444/UN55/KP.04/2018 tanggal 22 Juni 2018. Sementara itu, berdasarkan pertimbangan bahwa program studi di masing-masing jurusan baru satu, maka Ketua Jurusan masih belum ditetapkan dan masih menyatu dengan tugas Ketua Program Studi.

Sebelum berakhirnya masa jabatan Dekan H. Mujirin M. Yamin, SE, MS pada tanggal 6 November 2018, Senat Fakultas Ekonomi Universitas Sulawesi Barat membentuk Panitia Seleksi Pemilihan Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Sulawesi Barat periode 2018 – 2022 yang bertugas melakukan proses penjaringan dan seleksi Calon Dekan yang diketuai oleh Sitti Khadijah, S.Pd., M.Ak. Karena selama proses penjaringan tersebut jumlah bakal calon yang tersaring baru 1 orang, maka Rektor Universitas Sulawesi Barat memperpenjang masa jabatan Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Sulawesi Barat hingga terpilihnya Dekan definitif, berdasarkan SK Nomor 630/UN55/KP.04/2018 tanggal 7 November 2018.

Saat ini, yang menjabat sebagai Ketua Program Studi Manajemen adalah Sdri. Magfirah, SE, MSi dengan Sekretaris Jurusan Sdri Nur Qomariah, S.Pd., M.Pd dan yang menjabat Ketua Program Studi Akuntansi adalah Sdri Dahlia, S.Pd., M.Si, dan Sekretaris Jurusan adalah Sdri. Nuraeni, S.Pd., M.Ak.

X