Sambutan Dekan Fakultas Ekonomi

.

Assalamu’alaikum wr. wb.

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas berkah, rahmat dan hidayahNya, sehingga kami dapat memberikan pengenalan terhadap seluruh civitas akademik, aktivitas dan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi Fakultas Ekonomi Universitas Sulawesi Barat melalui website. Website ini merupakan sarana untuk mempererat komunikasi melalui terbukanya dalam menerima kunjungan dari berbagai pihak, mahasiswa, para civitas akademika, wali mahasiswa, alumni, stakeholder dan masyarakat umum. Website ini telah menyediakan informasi yang berhubungan dengan profil Fakultas Ekonomi, struktur organisasi, profil program studi, pelayanan akademik dan administrasi, organisasi internal mahasiswa serta aktivitas mahasiswa Fakultas Ekonomi.

Fakultas Ekonomi Universitas Sulawesi Barat merupakan salah satu dari tujuh Program Studi yang pertama kali beroperasi sejak berdirinya Universitas Sulawesi Barat berdasarkan izin Penyelenggaraan Universitas Sulawesi Barat No. 229/D/O/2007. Berdasarkan surat izin penyelenggara tersebut, Fakultas Ekonomi mulai menerima mahasiswa baru tahun ajaran 2008/2009. Fakultas Ekonomi ini meliputi dua (2) program studi, yaitu Program Studi S1 Akuntansi dan Program Studi S1 Manajemen.  Seiring dengan perkembangan pembangunan, pertumbuhan industri dan teknologi, maka lapangan pekerjaan, baik BUMN, BUMS , Birokrasi dan sektor lapangan kerja lainnya sangat membutuhkan tenaga kerja yang memiliki keahlian / skill yang terampil dan siap pakai. Harapan terbesar Fakultas Ekonomi Universitas Sulawesi Barat adalah menginginkan output mahasiswa yang terampil, adaptif dan memiliki jiwa kewirausahaan yang kuat, sehingga mahasiswa mampu menciptakan lapangan kerja sendiri dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.

Perkembangan Fakultas Ekonomi Universitas Sulawesi Barat mengalami kemajuan yang begitu cepat dari tahun ke tahun. Hal ini dapat dilihat dari jumlah pendaftar calon mahasiswa yang memilih Fakultas Ekonomi mengalami peningkatan setiap periodenya. Program Studi yang terdapat pada lingkup Fakultas Ekonomi semakin diminati oleh para lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah (Mts) maupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), baik dalam wilayah Majene dan sekitarnya maupun diluar kota Majene, hingga diluar Pulau Sulawesi. Untuk mewujudkan Fakultas yang Unggul sesuai dengan visi dan misi Fakultas Ekonomi , maka pihak fakultas senantiasa memanfaatkan sumber daya dengan meningkatkan produktivitas, baik dari segi peningkatan kinerja Tenaga Pendidik, maupun peningkatan kualifikasi pendidikan Dosen Pengampu Mata Kuliah.

Seiring dengan berjalannya waktu, peningkatan kualitas dosen dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi , tenaga kependidikan yang profesional proses dan sarana prasarana pembelajaran yang berkualitas, seluruh Program Studi pada Fakultas Ekonomi, yaitu S1 Manajemen dan S1 Akuntansi, telah menerapkan sistem pelayanan secara maksimal, untuk mewujudkan output mahasiswa yang berkualitas, mandiri, berintegritas dan mampu bersaing didunia kerja yang semakin berkembang secara pesat. Fakultas Ekonomi senantiasa menerapkan nilai budaya kerja yang berlaku pada seluruh civitas akademika agar senantiasa konsisten menjalankan tugas, bertanggung jawab berdasarkan tupoksi (tugas pokok dan fungsi) masing-masing, profesional dan penuh loyalitas dan yang paling utama adalah bekerja sama menghadapi berbagai kendala untuk mewujudkan pencapaian visi dan misi Fakultas Ekonomi Universitas Sulawesi Barat.

Wasalammualaikum wr.wb.

Dekan Fakultas Ekonomi
H. Mujirin M. Yamin, S.E., M.S
X